SEGMENTASI PELANGGAN MENGGUNAKAN ANALISA MODEL RFM DAN PENDEKATAN SCP PADA PERUSAHAAN COMPRESSED NATURAL GAS PT ARTHA PRIMA ENERGY

Delani, Shofi Hana (2024) SEGMENTASI PELANGGAN MENGGUNAKAN ANALISA MODEL RFM DAN PENDEKATAN SCP PADA PERUSAHAAN COMPRESSED NATURAL GAS PT ARTHA PRIMA ENERGY. Tesis (S2) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
00. Cover.pdf - Accepted Version

Download (304kB)
[thumbnail of Bab I-III] Text (Bab I-III)
01. BAB I-III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (510kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
02. BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (696kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
03. BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (263kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05. LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (676kB) | Request a copy

Abstract

Persaingan dalam dunia bisnis semakin ketat, terutama di industri hilir gas bumi yang ketentuan dan regulasi diatur oleh pemerintah. PT Artha Prima Energy, perusahaan swasta yang mendistribusikan Compressed Natural Gas (CNG) di Indonesia sejak 2017, menghadapi tantangan untuk mempertahankan loyalitas pelanggan dan terus berinovasi agar tetap kompetitif. Penelitian ini mengevaluasi strategi segmentasi pelanggan menggunakan model RFM (Recency, Frequency, Monetary) serta menganalisis pasar melalui pendekatan SCP (Structure-Conduct-Performance). Analisis RFM mengungkapkan bahwa 36,9% pelanggan PT Artha Prima Energy tergolong sangat loyal, 21,4% cukup loyal, dan 19% kurang loyal. Diperlukan strategi penargetan dan value proposition yang lebih spesifik untuk meningkatkan loyalitas, terutama di segmen pelanggan yang kurang atau tidak loyal. Selain itu, penelitian ini menemukan bahwa pangsa pasar PT Artha Prima Energy mencapai 14,29%, menempatkannya dalam lingkungan oligopoli dengan persaingan yang ketat. Untuk memperkuat posisinya di pasar, PT Artha Prima Energy disarankan menerapkan strategi diferensiasi produk, penetrasi pasar yang lebih agresif, serta program loyalitas yang lebih terfokus. Langkah-langkah ini diharapkan dapat meningkatkan pangsa pasar, mempertahankan loyalitas pelanggan, dan mendorong pertumbuhan perusahaan di industri CNG.

Item Type: Thesis (Tesis (S2) - )
Uncontrolled Keywords: RFM model, SCP approach, Customer segmentation, Market structure, Oligopolistic environment
Subjects: Management > Corporate Sustainability Strategy
Management
Thesis > Thesis (S2)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Magister Management
Depositing User: Shofi Hana Delani
Date Deposited: 31 Aug 2024 02:42
Last Modified: 31 Aug 2024 02:42
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/10137

Actions (login required)

View Item View Item