Komodifikasi Audiens Penggemar Boygroup K-pop Seventeen Terhadap Reality Show “Nana Tour with Seventeen”

Bianca, Taja Aurora (2024) Komodifikasi Audiens Penggemar Boygroup K-pop Seventeen Terhadap Reality Show “Nana Tour with Seventeen”. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
00. Cover.pdf - Accepted Version

Download (399kB)
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (919kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (254kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (728kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menganalisis fenomena komodifikasi audiens dalam reality show Nana Tour with Seventeen dan dampaknya terhadap penggemar Seventeen (Carat). Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini menggunakan konsep komodifikasi audiens Vincent Mosco untuk menganalisis dinamika kompleks antara eksploitasi, loyalitas penggemar, dan peran platform Weverse dalam memfasilitasi proses komodifikasi. Data diperoleh melalui wawancara dengan penggemar dalam mengonsumsi konten reality show Nana Tour with Seventeen, observasi, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data dan perhatian penggemar dijadikan komoditas oleh perusahaan untuk monetisasi. Nana Tour with Seventeen adalah hasil kolaborasi antara perusahaan produksi konten Egg Is Coming dan Hybe Corporation, yang menawarkan konten eksklusif berbayar melalui platform Weverse. Konten ini dirancang untuk memuaskan dan memanfaatkan loyalitas penggemar dengan mendorong pembelian konten dan merchandise. Interaksi langsung antara artis dan penggemar di Weverse memperkuat ikatan emosional, yang kemudian dimanfaatkan untuk keuntungan bisnis. Transformasi digital dan teknologi berperan penting dalam menciptakan ekosistem digital yang menguntungkan, memungkinkan distribusi konten eksklusif dan pengumpulan data pengguna untuk optimasi pemasaran.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Komodifikasi Audiens, Budaya Populer, Acara Realitas, Fandom K-Pop, Seventeen
Subjects: Communication Science > Cultural Studies
Communication Science > Mass Media Communication
Communication Science > Multimedia Production
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Taja Aurora Bianca
Date Deposited: 11 Sep 2024 03:47
Last Modified: 11 Sep 2024 03:47
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/10695

Actions (login required)

View Item View Item