Analisis User-Generated Content (UGC) pada Instagram @Baduytrip dalam Menentukan Minat Perjalanan Wisata (Studi Kasus Trip Baduy pada Wanita Generasi Z Tahun 2024)

Hadisti, Mutia (2025) Analisis User-Generated Content (UGC) pada Instagram @Baduytrip dalam Menentukan Minat Perjalanan Wisata (Studi Kasus Trip Baduy pada Wanita Generasi Z Tahun 2024). Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of COVER] Text (COVER)
00 COVER.pdf - Accepted Version

Download (280kB)
[thumbnail of BAB I, BAB II, BAB III] Text (BAB I, BAB II, BAB III)
01 BAB I-III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (755kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV Analisa Data dan Pembahasan] Text (BAB IV Analisa Data dan Pembahasan)
02 BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V Kesimpulan dan Saran] Text (BAB V Kesimpulan dan Saran)
03 BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (238kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
05 LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan media sosial, khususnya Instagram, telah mengubah cara wanita generasi Z mencari informasi dan membuat keputusan perjalanan. User-Generated Content (UGC) menjadi alat yang kuat dalam memberikan dampak pada persepsi wisatawan, terutama untuk mempromosikan destinasi yang autentik dan berbasis budaya. Penelitian ini menganalisis peran UGC pada akun Instagram @baduytrip dalam memberikan dorongan pada keputusan perjalanan ke Baduy di kalangan wanita generasi Z. Menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi konten di akun @baduytrip yang menggunakan strategi UGC dengan berkolaborasi bersama pengunjung dan memposting ulang konten mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten visual yang autentik dan narasi personal dalam UGC membantu membangun kepercayaan dan mengurangi ketidakpastian dalam pengambilan keputusan. Faktor utama yang memberikan dampak pada keputusan untuk mengunjungi Baduy adalah visualisasi destinasi, pengalaman yang dibagikan pengunjung sebelumnya, dan kesesuaian konten dengan preferensi wanita generasi Z yang mengutamakan pengalaman autentik dan tantangan. Penelitian ini mengungkapkan potensi besar pemasaran berbasis UGC untuk memberikan dampak pada preferensi wisatawan muda, khususnya untuk destinasi wisata budaya seperti Baduy. Penelitian ini juga memberikan wawasan praktis bagi pengelola destinasi wisata untuk mengoptimalkan strategi pemasaran digital, terutama pada destinasi berbasis budaya.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: User-Generated Content (UGC), Pengambilan Keputusan Wisata, Wanita Generasi Z, Pariwisata Budaya, Baduy User-Generated Content (UGC), Travel Decision-Making, Generation Z Women, Cultural Tourism, Baduy
Subjects: Communication Science
Communication Science > Cultural Studies
Communication Science > Digital Communication
Communication Science > Social Media
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mutia Hadisti
Date Deposited: 22 Feb 2025 07:42
Last Modified: 22 Feb 2025 07:42
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/11272

Actions (login required)

View Item View Item