Hadisti, Mutia (2025) Analisis User-Generated Content (UGC) pada Instagram @Baduytrip dalam Menentukan Minat Perjalanan Wisata (Studi Kasus Trip Baduy pada Wanita Generasi Z Tahun 2024). Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.
![]() |
Text (COVER)
00 COVER.pdf - Accepted Version Download (280kB) |
![]() |
Text (BAB I, BAB II, BAB III)
01 BAB I-III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (755kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV Analisa Data dan Pembahasan)
02 BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V Kesimpulan dan Saran)
03 BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (124kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (238kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
05 LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan media sosial, khususnya Instagram, telah mengubah cara wanita generasi Z mencari informasi dan membuat keputusan perjalanan. User-Generated Content (UGC) menjadi alat yang kuat dalam memberikan dampak pada persepsi wisatawan, terutama untuk mempromosikan destinasi yang autentik dan berbasis budaya. Penelitian ini menganalisis peran UGC pada akun Instagram @baduytrip dalam memberikan dorongan pada keputusan perjalanan ke Baduy di kalangan wanita generasi Z. Menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi konten di akun @baduytrip yang menggunakan strategi UGC dengan berkolaborasi bersama pengunjung dan memposting ulang konten mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten visual yang autentik dan narasi personal dalam UGC membantu membangun kepercayaan dan mengurangi ketidakpastian dalam pengambilan keputusan. Faktor utama yang memberikan dampak pada keputusan untuk mengunjungi Baduy adalah visualisasi destinasi, pengalaman yang dibagikan pengunjung sebelumnya, dan kesesuaian konten dengan preferensi wanita generasi Z yang mengutamakan pengalaman autentik dan tantangan. Penelitian ini mengungkapkan potensi besar pemasaran berbasis UGC untuk memberikan dampak pada preferensi wisatawan muda, khususnya untuk destinasi wisata budaya seperti Baduy. Penelitian ini juga memberikan wawasan praktis bagi pengelola destinasi wisata untuk mengoptimalkan strategi pemasaran digital, terutama pada destinasi berbasis budaya.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | User-Generated Content (UGC), Pengambilan Keputusan Wisata, Wanita Generasi Z, Pariwisata Budaya, Baduy User-Generated Content (UGC), Travel Decision-Making, Generation Z Women, Cultural Tourism, Baduy |
Subjects: | Communication Science Communication Science > Cultural Studies Communication Science > Digital Communication Communication Science > Social Media Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Mutia Hadisti |
Date Deposited: | 22 Feb 2025 07:42 |
Last Modified: | 22 Feb 2025 07:42 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/11272 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |