Laila, Rizkiyatul (2025) Perilaku Generasi Milenial Terhadap Minat Pembelian Produk Pangan Organik. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.
![]() |
Text (Cover)
00 Cover.pdf - Accepted Version Download (263kB) |
![]() |
Text (BAB I - II Latar Belakang dan Metodologi Penelitian)
01 BAB I-II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (269kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III Pembahasan)
02 BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (494kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV Kesimpulan dan Saran)
03 BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (40kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
04 Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (197kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
05 Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (447kB) | Request a copy |
Abstract
Salah satu upaya yang dilakukan oleh masyarakat dalam menerapkan gaya hidup sehat adalah dengan mengonsumsi pangan organik. Generasi milenial memiliki segmen potensial untuk pertumbuhan produk organik karena dapat menjadi peluang besar untuk mendukung industri pangan organik dalam negeri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana gaya hidup sehat, kesadaran lingkungan dan persepsi harga mempengaruhi minat beli produk pangan organik pada generasi milenial. Penelitian dilakukan dengan menyebar kuesioner online ke 384 responden menggunakan teknik non probability sampling dengan purposive sampling, kriteria dalam pengambilan sampel diantaranya megetahui produk pangan organik, usia minimal 24 – 45 tahun (generasi milenial), perempuan maupun laki-laki dan pelajar/mahasiswa, karyawan dan lainnya. Analisis data dilakukan dengan uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedasitas. Uji hipotesis yang terdiri dari uji koefisien determinasi (uji �2), uji simultan (uji F) dan uji parsial (uji T). Berdasarkan hasil uji, perilaku konsumen terhadap minat beli produk pangan organik pada generasi milenial secara simultan dipengaruhi oleh variabel gaya hidup sehat, kesadaran lingkungan, dan persepsi harga. Namun, secara parsial diketahui dari hasil nilai beta masing-masing menunjukan variabel kesadaran lingkungan merupakan faktor yang paling berpengaruh dan persepsi harga. Sementara, gaya hidup sehat tidak memberikan pengaruh yang signifikan. Diketahui dari hasil nilai beta masing-masing dari ketiga variabel tersebut yaitu gaya hidup sehat 0,093, kesadaran lingkungan 0,363 dan persepsi harga 0,226 menunjukan bahwa variabel kesadaran lingkungan merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap minat beli produk pangan organik pada generasi milenial dan diikuti oleh variabel kesadaran lingkungan dan persepsi harga. Berdasarkan hasil yang diperoleh bahwa variabel gaya hidup sehat tidak berpengaruh signifikan secara parsial memiliki arti meskipun tidak secara konsisten menjalankan gaya hidup sehat, tetapi tetap menunjukkan minat pembelian produk organik. Selanjutnya, aspek kesadaran lingkungan dan persepsi harga lebih dominan dalam mempengaruhi minat beli produk pangan organik pada generasi milenial.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gaya Hidup Sehat, Kesadaran Lingkungan, Minat Beli Produk, Pangan Organik, Perilaku Konsumen, Persepsi Harga |
Subjects: | Food Science and Technology > Food Management Food Science and Technology Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan |
Depositing User: | Rizkiyatul Laila |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 03:53 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 03:53 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/11749 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |