STRATEGI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @LAWANCOVID19_ID DALAM PRODUKSI KONTEN INFORMASI SEPUTAR PANDEMI COVID-19 PADA TAHUN 2021-2022

Justicia, Aulia Bunga (2025) STRATEGI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @LAWANCOVID19_ID DALAM PRODUKSI KONTEN INFORMASI SEPUTAR PANDEMI COVID-19 PADA TAHUN 2021-2022. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of 00 Cover Aulia.pdf] Text
00 Cover Aulia.pdf

Download (382kB)
[thumbnail of BAB I - III] Text (BAB I - III)
01. BAB I-III.pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (785kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (941kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (162kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf.pdf - Accepted Version

Download (210kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy

Abstract

Akun sosial media Instagram @lawancovid19_id adalah akun resmi yang dibuat oleh pemerintah untuk memproduksi konten informasi selama pandemi COVID-19. Studi ini ditalarbelakangi oleh tingginya kebutuhan masyarakat terhadap informasi yang valid di tengah kesimpangsiuran informasi. Informasi yang sangat dinamis, tentunya membutuhkan strategi untuk pengelolaan konten dan informasi agar tetap aktual. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus, data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi terhadap tiga informan yang berperan langsung dalam pengelolaan akun. Hasil penelitian mengidentifikasi tiga tahapan utama dalam strategi produksi konten, yaitu: tahap pra-produksi yang menghasilkan temuan perencanaan pesan berbasis kredibilitas sumber dan pemilihan platform berdasarkan demografi audiens, untuk tahap produksi menekankan bahwa adanya penyederhanaan narasi untuk menjadi sebuah konten visual yang komunikatif dan inklusif agar lebih mudah dipahami oleh audiens, serta tahap pasca produksi yang mencakup analisis performa akun dan konten, manajemen interaksi dengan audiens dan mengoptimalisasi jangkauan konten. Hasil analisis ini menunjukkan bahwa keberhasilan strategi komunikasi ditentukan oleh kolaborasi, fleksibilitas dalam merespon dinamika informas, serta penggunaan elemen visual yang representatif untuk memperkuat hubungan emosional dengan audiens. Penulis menyimpulkan bahwa strategi komunikasi publik berbasis media sosial yang efektif tidak hanya bergantung pada kecepatan informasi tersebut di distribusikan, tetapi juga pada sensitivitas terhadap kondisi sosial budaya sang penerima pesan. Kata kunci: strategi media sosial, komunikasi publik, media sosial, instagram, COVID-19

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: strategi media sosial, komunikasi publik, media sosial, instagram, COVID-19
Subjects: Communication Science
Communication Science > Digital Communication
Communication Science > Social Media
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Aulia Bunga Justicia
Date Deposited: 08 Sep 2025 06:33
Last Modified: 08 Sep 2025 06:33
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/12127

Actions (login required)

View Item View Item