Maulida, Bunga Diva (2025) Analisis Persepsi Mahasiswa terhadap Konten @humansofgoto di Media Sosial (Studi Kasus Konten Instagram Humans of GoTo). Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.
![]() |
Text (Cover)
COVER.pdf - Accepted Version Download (400kB) |
![]() |
Text (Bab 1-3)
BAB 1-3.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (418kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Bab 4)
BAB 4.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Bab 5)
BAB 5.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (243kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (203kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (410kB) | Request a copy |
Abstract
Di tengah persaingan talenta yang semakin ketat, perusahaan memanfaatkan media sosial untuk strategi employer branding. Salah satu pendekatannya adalah melalui konten @humansofgoto yang menampilkan narasi otentik mengenai budaya kerja untuk menarik minat calon karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi penyajian konten @humansofgoto di akun Instagram @humansofgoto dan bagaimana konten tersebut membentuk persepsi di kalangan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan lima mahasiswa sebagai informan utama dan dua ahli sebagai triangulator, serta observasi terhadap konten akun @humansofgoto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi konten @humansofgoto secara efektif menggunakan prinsip-prinsip Teori Naratif. Narasi yang disajikan terbukti Koheren (konsisten dan terpadu) dan memiliki Fidelitas (terasa otentik dan relevan) yang tinggi. Lebih lanjut, temuan menunjukkan bahwa persepsi positif mahasiswa terbentuk secara holistik melalui tiga tahapan sesuai Model Tiga Komponen Sikap: Kognitif (terbentuknya pengetahuan positif), Afektif (munculnya perasaan suka dan koneksi emosional), dan Konatif (terbentuknya niat kuat untuk melamar kerja). Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi konten naratif yang otentik di media sosial merupakan instrumen yang sangat efektif dalam membentuk persepsi dan minat karier di kalangan talenta muda. Kata Kunci: Persepsi Mahasiswa, Konten @humansofgoto, Media Sosial, Citra Perusahaan, Teori Naratif
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi Mahasiswa, Konten @humansofgoto, Media Sosial, Citra Perusahaan, Teori Naratif |
Subjects: | Communication Science > Corporate Communication Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Bunga Diva Maulida |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 09:46 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 09:46 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/12273 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |