Analisis Persepsi Followers Pada Konten Indonesian Basketball League Di Akun Instagram @Halobasket

Musnamar, Bintang Ma'rifat (2025) Analisis Persepsi Followers Pada Konten Indonesian Basketball League Di Akun Instagram @Halobasket. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
00. Cover.pdf - Accepted Version

Download (441kB)
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01. BAB I-III (2).pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (808kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
04. Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (193kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (762kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan media digital, khususnya Instagram, telah menjadi kanal utama dalam komunikasi dan interaksi antara organisasi olahraga dengan para penggemarnya. Akun Instagram @halobasket merupakan salah satu platform media utama yang meliput Indonesian Basketball League (IBL) dan memegang peranan penting dalam membentuk persepsi publik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam bagaimana persepsi followers terhadap konten IBL yang dipublikasikan oleh akun Instagram @halobasket. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara mendalam dengan lima followers aktif @halobasket dan satu narasumber internal dari tim redaksi. Analisis konten didasarkan pada tujuh karakteristik konten media sosial dari Kingsnorth (2016), sementara analisis persepsi menggunakan tiga tahapan proses persepsi dari Solomon (2006). Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi konten @halobasket telah berhasil memenuhi tujuh karakteristik konten yang efektif. Konten dipersepsikan sebagai kredibel (akurat dan cepat), dapat dibagikan (didorong oleh emosi), bermanfaat dan menyenangkan, menarik (berkat konten eksklusif), relevan, serta memiliki identitas yang berbeda dan sesuai dengan merek (on brand). Lebih lanjut, persepsi followers terbentuk secara sangat positif melalui tiga tahapan: sensasi, di mana konten visual yang eye-catching berhasil menarik minat awal; atensi, yang dipertahankan melalui judul yang kuat dan relevansi personal; dan interpretasi, di mana followers memberikan makna positif pada konten sebagai sumber informasi tepercaya dan bagian dari komunitas basket. Penelitian ini menyimpulkan bahwa @halobasket telah berhasil mengimplementasikan strategi konten yang efektif untuk membangun persepsi positif di kalangan followers-nya, yang tidak hanya didasarkan pada kualitas informasi tetapi juga pada eksekusi kreatif, kecepatan, dan kemampuan membangun interaksi komunitas.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Media Sosial, Instagram, Konten Digital, Komunikasi Pemasaran, Indonesian Basketball League (IBL).
Subjects: Communication Science > Social Media
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Bintang Ma'rifat Musnamar
Date Deposited: 11 Sep 2025 02:12
Last Modified: 11 Sep 2025 02:12
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/12340

Actions (login required)

View Item View Item