KOMODIFIKASI KONTEN DIGITAL PADA AKUN YOUTUBE TVONENEWS (KASUS KEMATIAN VINA CIREBON)

LASUARDY, ANDI (2025) KOMODIFIKASI KONTEN DIGITAL PADA AKUN YOUTUBE TVONENEWS (KASUS KEMATIAN VINA CIREBON). Tesis (S2) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of 00 COVER] Text (00 COVER)
00 cover.pdf - Accepted Version

Download (505kB)
[thumbnail of 01 BAB I - III] Text (01 BAB I - III)
01 BAB I - III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (647kB) | Request a copy
[thumbnail of 02 BAB IV] Text (02 BAB IV)
02 BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 03 BAB V] Text (03 BAB V)
03 BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (143kB) | Request a copy
[thumbnail of 04 DAFTAR PUSTAKA] Text (04 DAFTAR PUSTAKA)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (238kB)
[thumbnail of 05 LAMPIRAN] Text (05 LAMPIRAN)
05 Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengkaji praktik ekonomi politik media dengan fokus pada komodifikasi konten, khalayak, dan pekerja di kanal YouTube tvOneNews melalui studi kasus pemberitaan kematian Vina Cirebon. Menggunakan kerangka teori ekonomi politik komunikasi Vincent Mosco (2009) yang mencakup komodifikasi pada penelitian ini bertujuan memahami bagaimana isu kriminal diolah menjadi komoditas media bernilai ekonomi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan wawancara mendalam bersama tim produksi konten digital tvOneNews, observasi unggahan kanal, dan analisis dokumen performa kanal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komodifikasi konten dilakukan melalui reproduksi dan pengemasan ulang materi siaran televisi ke format digital dengan sudut pandang dramatis dan judul sensasional, yang mendorong klik, engagement, dan peningkatan jumlah penayangan. Komodifikasi khalayak tampak pada pemanfaatan data analitik YouTube untuk menarik pengiklan berdasarkan profil, jumlah, dan kualitas penonton. Sementara itu, komodifikasi pekerja tercermin dari tuntutan produksi cepat, multiskill, dan target monetisasi yang ketat. Sepanjang Mei–Desember 2024, konten bertema Vina menghasilkan total 32.506.668 tayangan dengan estimasi pendapatan di atas Rp675 juta. Temuan ini menegaskan bahwa orientasi revenue mendorong dominasi satu isu di ruang publik digital, sehingga membatasi keragaman informasi yang diterima audiens. Penelitian ini berkontribusi pada kajian komunikasi, khususnya praktik ekonomi politik di media digital, serta memberikan masukan bagi industri media untuk menyeimbangkan kepentingan bisnis dengan fungsi ideal media dalam melayani publik. Kata kunci: Ekonomi Politik Media, Komodifikasi Isi, Komodifikasi Khalayak, Komodifikasi Pekerja, YouTube, tvOneNews, Revenue, Vina Cirebon

Item Type: Thesis (Tesis (S2) - )
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Ekonomi Politik Media, Komodifikasi Isi, Komodifikasi Khalayak, Komodifikasi Pekerja, YouTube, tvOneNews, Revenue, Vina Cirebon
Subjects: Communication Science > Mass Media Communication
Communication Science > Multimedia Production
Communication Science > Political Communication
Thesis > Thesis (S2)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Andi Lasuardy
Date Deposited: 17 Sep 2025 02:15
Last Modified: 17 Sep 2025 02:15
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/12686

Actions (login required)

View Item View Item