Sulfahmi, Regia (2022) Citra Kementerian Kesehatan RI di Generasi Z Melalui Implementasi Cyber Public Relations pada Media Sosial TikTok. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Preview |
Text (Cover)
00 Cover.pdf - Submitted Version Download (356kB) | Preview |
Text (BAB I - III)
01 BAB I - III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (548kB) |
|
Text (BAB IV)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
03 BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (68kB) |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (203kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
05 Lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (376kB) |
Abstract
Sejak tahun 2021, Kementerian Kesehatan resmi merealisasikan kebijakan vaksin covid-19 kepada seluruh masyarakat guna menangani pandemi yang terjadi di Indonesia. Demi kesuksesan program, Kemenkes RI memutuskan mengambil langkah untuk bergabung ke media sosial Tiktok guna menjangkau target sasarannya yaitu generasi z. Melalui Tiktok @kemenkesri sebagai salah satu strategi Cyber PR yang digunakan, sosialisasi dilakukan dengan penyediaan konten yang berbeda sehingga menimbulkan pandangan baru bagi generasi z. Menelaah isu ini menggunakan strategi Cyber PR oleh David Phillips and Philip Young, Model Pembentukan Citra oleh John S. Nimpoeno, dan Strategi Pesan PR oleh Harwood Childs. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif, adapun teknik analisis data yang dilakukan melalui in-depth interview dengan empat informan dan seorang triangulator. Penelitian ini menunjukan bahwa dari stimulus berupa konten di Tiktok membuat generasi z memiliki penilaian citra positif baru terhadap Kemenkes RI, selain itu dari keempat komponen yang ada pada Cyber PR telah ditemukan pada penyajian kontennya sehingga teridentifikasi juga Tiktok sebagai medium baru bagi Kemenkes RI dapat mendukung proses membangun sebuah citra positif untuk kebijakan, terakhir pada strategi adaptasi pesan PR yang utama dilakukan oleh Kemenkes melibatkan peranan tren dan komunitas di generasi z untuk memperluas jangkauan kontennya.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Citra, Cyber Public Relations, Tiktok @kemenkesri |
Subjects: | Communication Science Communication Science > Corporate Communication Communication Science > Public Relations Communication Science > Social Media Thesis Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Regia Sulfahmi |
Date Deposited: | 18 Aug 2022 04:15 |
Last Modified: | 18 Aug 2022 04:15 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/6434 |
Actions (login required)
View Item |