Tarukan, Leonita Fany (2022) Reformulasi dan Penentuan Posisi Produk Saus Sambal PT XYZ. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Preview |
Text (Cover)
00 cover.pdf.pdf - Submitted Version Download (481kB) | Preview |
Text (BAB I - III)
01 BAB I - III.pdf.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (142kB) |
|
Text (BAB IV)
02 BAB IV.pdf.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (686kB) |
|
Text (BAB V)
03 BAB V.pdf.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (14kB) |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf - Submitted Version Download (77kB) | Preview |
Text (Lampiran)
05 Lampiran.pdf.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (188kB) |
Abstract
Saus cabai merupakan salah satu bahan penyedap masakan dan penambah rasa pada makanan. PT XYZ merupakan salah satu perusahaan industri sambal di Indonesia. Agar dapat bersaing dengan kompetitor PT XYZ bermaksud untuk meningkatkan penjualannya dengan strategi New Product Development (NPD). Kegiatan NPD berupa reformulasi terhadap produk existing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerimaan dan posisi produk saus sambal yang dikembangkan lalu dibandingkan dengan saus sambal kompetitor, serta mengetahui perbedaan karakteristik masing-masing saus sambal. Sampel yang digunakan yaitu 2 saus sambal kompetitor, salah satunya dijadikan benchmark, 1 saus sambal existing PT XYZ, 2 saus sambal dengan formula baru. Metode analisis yang digunakan yaitu Preference Mapping (napping) bertujuan untuk mengetahui perbedaan atribut setiap sampel.Sedangkan untuk menampilkan atribut dominan digunakan aplikasi online WORD CLOUD. Pengujian sensori dilakukan oleh 50 panelis, konfigurasi posisi sampel digambarkan dengan Multi Factor Analysis. Panelis terbagi menjadi 3 kelompok berdasarkan berdasarkan karakteristik setiap atribut yang mampu dikenali oleh panelis. Hasil pengujian preference mapping menunjukkan bahwa tingkat penerimaan saus sambal kedua kompetitor sebesar 80-100%, sedangkan tingkat penerimaan kedua saus sambal reformulasi 20-40% dan 0-20%, dan untuk produk existing memiliki tingkat penerimaan 0-20%. Penilaian atribut masing-masing sampel menunjukkan bahwa setiap saus sambal memiliki karakteristik yang cukup berbeda satu sama lain. Produk saus sambal yang dikembangkan dapat diterima oleh panelis, namun tingkat penerimaan terhadap produk ini cukup rendah dikarenakan karakteristik saus sambal ini memiliki karakteristik atribut yang cukup berbeda baik dari segi rasa, tekstur, aroma dan warna dibandingkan dengan produk kompetitor.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | analisis sensori, Multiple Factor Analysis, potitioning, Preference Mapping, saus sambal |
Subjects: | Communication Science Customer Satisfaction Food Science and Technology > Food Management Food Science and Technology > Analisis Sensori Thesis Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan |
Depositing User: | Leonita Fany Tarukan |
Date Deposited: | 19 Aug 2022 09:04 |
Last Modified: | 19 Aug 2022 09:08 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/6547 |
Actions (login required)
View Item |