REPRESENTASI PEREMPUAN WORKAHOLIC PADA IKLAN YOUTUBE VIVO V19 PERFECT NIGHT PERFECT YOU (STUDI ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES)

Octaviani, Fifi (2023) REPRESENTASI PEREMPUAN WORKAHOLIC PADA IKLAN YOUTUBE VIVO V19 PERFECT NIGHT PERFECT YOU (STUDI ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES). Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of COVER]
Preview
Text (COVER)
00. Cover.pdf - Submitted Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (920kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (410kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (489kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Iklan VIVO V19 Perfect Night Perfect You menampilkan perempuan yang aktif terlibat dalam pekerjaan, menentang stereotip perempuan yang lemah dan bergantung. Namun, iklan ini juga menggambarkan perempuan workaholic melalui beberapa adegan. Penelitian ini menggunakan pendekatan semiotika Roland Barthes dan konsep workaholic oleh Bryan E. Robinson dengan tujuan untuk menganalisis representasi perempuan workaholic dalam iklan tersebut. Analisis semiotika mengungkapkan tanda-tanda yang mencerminkan perempuan workaholic, seperti kecenderungan bekerja berlebihan, ketidakmampuan mengontrol diri dari pekerjaan, komunikasi yang kurang baik, kesulitan mendelegasikan pekerjaan, dan harga diri yang terlalu tinggi dalam bekerja. Wacana perempuan bekerja dalam iklan menunjukkan ketidakkonsistenan, dengan adanya polarisasi antara citra perempuan yang sukses dan mandiri dengan citra perempuan yang terjebak dalam peran workaholic yang merugikan kesejahteraan pribadi. Selain itu, iklan juga menggambarkan laki-laki sebagai penyelamat atau pahlawan, yang menguatkan budaya patriarki dan memposisikan perempuan bergantung pada laki-laki. Meskipun iklan mencoba memperkenalkan perempuan sebagai pekerja yang berhasil, tetapi terdapat kontradiksi dan stereotip gender yang perlu dikritisi. Iklan ini berhasil menciptakan gambaran perempuan yang berbeda dari stereotip tradisional, namun tetap menyoroti ekspektasi dan tekanan sosial yang tidak realistis terhadap perempuan bekerja serta kompleksitas peran gender dalam masyarakat.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Perempuan Workaholic, Iklan Youtube VIVO V19 Perfect Night Perfect You, Representasi, Gender dan Semiotika Roland Barthes.
Subjects: Communication Science > Cultural Studies
Communication Science > Semiotics and Consumer Culture
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Fifi Octaviani
Date Deposited: 28 Aug 2023 03:23
Last Modified: 28 Aug 2023 03:23
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/8165

Actions (login required)

View Item View Item