Persepsi Generasi Milenial di Jabodetabek Terhadap Kemasan Ramah Lingkungan pada Produk Minuman

Muttaqien, Ricki Zainal (2023) Persepsi Generasi Milenial di Jabodetabek Terhadap Kemasan Ramah Lingkungan pada Produk Minuman. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of Cover]
Preview
Text (Cover)
00. Cover.pdf.pdf - Submitted Version

Download (958kB) | Preview
[thumbnail of BAB I-II] Text (BAB I-II)
01. BAB I-II.pdf.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (959kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
02. BAB III.pdf.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (961kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
03. BAB IV.pdf.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (956kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf.pdf - Submitted Version

Download (957kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (960kB)

Abstract

Salah satu isu lingkungan yang utama dihadapi masyarakat saat ini adalah pencemaran sampah yang dihasilkan dari limbah kemasan plastik. Penciptaan sebuah inovasi produk minuman dengan klaim kemasan ramah lingkungan yang diminati oleh generasi milenial dapat membantu mengurangi masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi generasi milenial terhadap kemasan ramah lingkungan pada produk minuman. Faktor-faktor penelitian meliputi pengetahuan terhadap isu lingkungan dan kemasan ramah lingkungan, serta sikap terhadap pengaruh klaim pada keputusan pembelian produk minuman. Analisis data dilakukan dengan uji deskriptif, uji Chi-square dan Rank spearman menggunakan SPSS. Berdasarkan hasil uji, sebesar 96% responden menjawab keberadaan limbah kemasan plastik sebagai penyebab isu lingkungan. Jenis kelamin, domisili dan tingkat pendidikan responden dapat mempengaruhi pengetahuan terhadap isu lingkungan yang sedang terjadi. Pengetahuan responden terhadap karakteristik kemasan produk yang terbuat dari bahan bioplastik, kardus dan karton, Serta produk dengan pencantuman logo recycle dan reuse dipilih sebagai karakteristik produk minuman dengan klaim kemasan ramah lingkungan. Sikap berpikir terlebih dahulu dan melihat label atau klaim yang ditawarkan produk dapat mempengaruhi keputusan pembelian. Jenis kelamin dan pendapatan responden berpengaruh signifikan terhadap kesediaan membeli dengan harga lebih pada produk minuman dengan klaim kemasan ramah lingkungan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa generasi milenial mengetahui limbah kemasan plastik yang tidak dikelola secara baik dapat menimbulkan isu lingkungan dan produk minuman dengan klaim kemasan ramah lingkungan dapat membantu mengatasi masalah yang sedang terjadi.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: generasi milenial, isu lingkungan, kemasan ramah lingkungan, persepsi.
Subjects: Marketing > Branding (Marketing)
Marketing > Customer Relations Management (CRM)
Customer Behavior
Food Science and Technology > Food Packaging Technology
Environmental Science and Technology > Industrial Environment
Management Research > Market Orientation
Environmental Science and Technology > Waste Management
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan
Depositing User: Ricki Zainal Muttaqien
Date Deposited: 25 Aug 2023 06:34
Last Modified: 25 Aug 2023 06:34
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/8134

Actions (login required)

View Item View Item