ANALISIS RESEPSI AUDIENS TERHADAP KONSEP SELF LOVE PADA VIDEO KLIP TUTUR BATIN KARYA YURA YUNITA (STUDI PADA ALUMNI PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS BAKRIE)

Refiyanti, Mayda (2023) ANALISIS RESEPSI AUDIENS TERHADAP KONSEP SELF LOVE PADA VIDEO KLIP TUTUR BATIN KARYA YURA YUNITA (STUDI PADA ALUMNI PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS BAKRIE). Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of COVER]
Preview
Text (COVER)
00. Cover.pdf - Submitted Version

Download (363kB) | Preview
[thumbnail of BAB I - BAB III] Text (BAB I - BAB III)
01. BAB I - III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf

Download (246kB) | Preview

Abstract

Kesehatan mental saat ini sudah menjadi masalah yang dianggap penting serta menjadi salah satu faktor dalam program pembangunan manusia pada suatu negara. Video klip Tutur Batin karya Yura Yunita merupakan video klip yang mengangkat isu kesehatan mental pada perempuan dengan penerapan self love. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemaknaan pesan self love dalam video klip Tutur Batin karya Yura Yunita oleh kelima audiens yang merupakan alumni Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie di dunia kerja. Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif dengan menggunakan analisis resepsi Stuart Hall. Sumber data primer pada penelitian ini adalah video klip musik Tutur Batin karya Yura Yunita dan Sumber data sekunder diperoleh dari berbagai literatur tentang pemaknaan audiens dalam buku buku, jurnal, dan internet. Analisis resepsi memusatkan perhatian pada pertemuan antara pesan dan audiens. Analisis resepsi melihat khalayak sebagai secara aktif menciptakan makna, bukan sekadar konsumen dari isi media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelima informan dalam penelitian ini memberikan pemaknaan yang berbeda-beda, diantaranya ketiga informan yang berada pada posisi hegemoni dominan dan kedua informan berada pada posisi negosiasi karena memiliki poin tambahan terkait makna self love pada video klip tersebut. Pemaknaan tentang self love yang berbeda oleh kelima informan dipengaruhi oleh adanya perbedaan pengalaman, latar belakang yang berbeda dari informan. Self love merupakan bentuk penerimaan terhadap diri. Self love adalah menerima diri sendiri dengan baik dan apa adanya, merupakan aspek penting dari kesehatan mental. Kata kunci: Self Love, Mental Health, Video Klip, Perempuan.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Self Love, Mental Health, Video Klip, Perempuan.
Subjects: Communication Science
Communication Science > Interpersonal Communication
Communication Science > Social Media
Thesis
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mayda Refiyanti
Date Deposited: 01 Sep 2023 03:43
Last Modified: 01 Sep 2023 03:43
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/8546

Actions (login required)

View Item View Item