Analisis Medium Penyebaran Korean Wave (Hallyu) Dalam Membentuk Gaya Hidup Milenial Penggemar Budaya Populer Korea Selatan

Pratama, Andyto Putra (2017) Analisis Medium Penyebaran Korean Wave (Hallyu) Dalam Membentuk Gaya Hidup Milenial Penggemar Budaya Populer Korea Selatan. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of pdf]
Preview
Text (pdf)
00. Cover.pdf - Submitted Version

Download (811kB) | Preview
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (92kB) | Request a copy
[thumbnail of pdf]
Preview
Text (pdf)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh semakin populernya budaya Korea Selatan atau biasa disebut Korean Wave (Hallyu) di Indonesia, khususnya di kota besar seperti Jakarta dan sekitarnya. Popularitas budaya populer Korea Selatan dapat berkembang dan menyebar dengan cepat karena melakukan penetrasi dan memasukkan segala aspek budayanya di berbagai sektor seperti pada musik (K-Pop) dan film atau drama (K-Drama), selain itu tidak kalah juga popularitas Korea Selatan dalam aspek kuliner (K-Food) dan fashion (makeup & skincare). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja medium yang digunakan untuk penyebaran budaya populer Korea Selatan dan medium apa yang paling dominan dalam membentuk gaya hidup generasi milenial, khususnya yang masih berstatus mahasiswa yang sudah menjadi penggemar budaya populer Korea Selatan. Kerangka penelitian ini menggunakan dimensi AIO (activity, interest, opinion) untuk menganalisa gaya hidup milenial penggemar budaya populer Korea Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif etnografi yang didapatkan melalui studi pustaka, observasi dan wawancara mendalam terhadap 4 informan yang memiliki latar belakang sebagai mahasiswa Universitas Indonesia yang menjadi penggemar budaya populer Korea Selatan. Hasil penelitian ini diprediksi akan menjawab permasalahan dari dimensi yang diteliti yaitu apa saja medium penyebaran Korean Wave dalam membentuk gaya hidup generasi milenial penggemar budaya populer Korea Selatan. Kata kunci: Budaya populer Korea Selatan, Hallyu, gaya hidup, milenial.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Budaya populer Korea Selatan, Hallyu, gaya hidup, milenial.
Subjects: Communication Science
Communication Science > Marketing Communications
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Andyto Putra Pratama
Date Deposited: 21 Aug 2019 08:18
Last Modified: 02 Feb 2020 00:15
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/2659

Actions (login required)

View Item View Item