Analisis Keputusan Pembelian Konsumen Grabfood Di Pandemi COVID-19

Budiman, Alfonso Mathew (2021) Analisis Keputusan Pembelian Konsumen Grabfood Di Pandemi COVID-19. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of Cover]
Preview
Text (Cover)
00 cover.pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
01 BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03 BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05 LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang analisis keputusan pembelian konsumen Grabfood pada masa pandemi COVID-19. Tujuan penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui bagaimana faktor pribadi dan faktor psikologis serta impulsive dan compulsive buying behavior dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen Grabfood di pandemi COVID-19. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data primer dari penelitian ini diperoleh melalui wawancara mendalam dengan tiga informan untuk generasi milenial dan tiga informan untuk generasi x. Sumber data sekunder pada penelitian ini diperoleh melalui studi pustaka serta data-data yang didapat dari lembaga penelitian. Berdasarkan analisis penelitian yang telah dilakukan, ditemukan bahwa informan generasi milenial dan generasi x mengetahui mengenai COVID-19 secara medis, serta merasakan dampaknya seperti pembelajaran jarak jauh dan work from home. Informan generasi milenial dan generasi x memutuskan untuk melakukan pembelian melalui Grabfood karena praktis, dapat mengikuti protokol kesehatan dengan menjaga jarak dengan orang lain serta karena terdapat banyak promo pada layanan Grabfood. Informan generasi milenial cenderung melakukan compulsive buying behavior sedangkan informan generasi x cenderung melakukan impulsive buying behavior. Informan generasi milenial dan informan generasi x melakukan pencarian informasi berupa harga, ulasan dan promo yang sedang tersedia. Proses keputusan pembelian serta pencarian informasi informan generasi milenial dan generasi x tidak berbeda dari sebelum dan setelah adanya pandemi COVID-19. Mayoritas informan generasi milenial tidak memiliki alternatif pembelian, sedangkan generasi x memiliki alternatif dalam melakukan pembelian agar dapat membandingkan harga, ulasan serta promo potongan harga yang sedang tersedia.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Perilaku Konsumen, Keputusan Pembelian, Komunikasi Pemasaran, Compulsive Buying Behavior, Impulsive Buying Behavior, Pandemi COVID-19.
Subjects: Communication Science > Marketing Communications
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Alfonso Mathew Budiman
Date Deposited: 30 Aug 2021 05:00
Last Modified: 30 Aug 2021 05:00
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/5177

Actions (login required)

View Item View Item