Analisis Komunikasi Visual pada Konten Instagram @Edufarmers dalam Membangun Kesadaran Generasi Z di Sektor Pertanian

Syahirra, Septerananda Ratna (2025) Analisis Komunikasi Visual pada Konten Instagram @Edufarmers dalam Membangun Kesadaran Generasi Z di Sektor Pertanian. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
00. Cover.pdf - Accepted Version

Download (586kB)
[thumbnail of BAB I - III] Text (BAB I - III)
01. BAB I - III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02.BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (24MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03.BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (140kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05.LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Edufarmers merupakan sebuah organisasi non-profit yang berdiri sejak tahun 2015 untuk mengembangkan petani dan pemuda di Indonesia. Dalam upayanya menjangkau generasi muda, khususnya Generasi Z, Edufarmers memanfaatkan media sosial Instagram sebagai saluran utama untuk menyampaikan konten agrikultur yang dikemas secara menarik melalui segi visual, bahasa, dan informasi pesannya. Dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui komunikasi visual pada konten Instagram @Edufarmers dalam membangun kesadaran Generasi Z di sektor pertanian. Penelitian ini berfokus pada komunikasi visual yang digunakan oleh patform Edufarmers dalam mengemas konten untuk pasar generasi Z. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini di analisis menggunakan teori komunikasi visual dan berdasarkan konsep AIDA. Dari penelitian ini ditemukan keberhasilan komunikasi visual pada konten Instagram Edufarmers dalam membentuk kesadaran Generasi Z ditentukan oleh tiga aspek utama yaitu visual, bahasa, dan informasi pesan. Ketiga elemen ini saling mendukung sehingga mampu mendorong keterlibatan nyata Generasi Z dalam sektor pertanian. Kata Kunci: Komunikasi Visual, Konten Instagram, Generasi Z, Kesadaran, Pertanian.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Visual, Konten Instagram, Generasi Z, Kesadaran, Pertanian.
Subjects: Marketing > Branding (Marketing)
Customer Behavior
Marketing
Agriculture > S Agriculture (General)
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Septerananda Ratna Syahirra
Date Deposited: 12 Sep 2025 04:21
Last Modified: 12 Sep 2025 04:21
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/12416

Actions (login required)

View Item View Item