Syahirra, Septerananda Ratna (2025) Analisis Komunikasi Visual pada Konten Instagram @Edufarmers dalam Membangun Kesadaran Generasi Z di Sektor Pertanian. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.
![]() |
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Accepted Version Download (586kB) |
![]() |
Text (BAB I - III)
01. BAB I - III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
02.BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (24MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
03.BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (116kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (140kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
05.LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Edufarmers merupakan sebuah organisasi non-profit yang berdiri sejak tahun 2015 untuk mengembangkan petani dan pemuda di Indonesia. Dalam upayanya menjangkau generasi muda, khususnya Generasi Z, Edufarmers memanfaatkan media sosial Instagram sebagai saluran utama untuk menyampaikan konten agrikultur yang dikemas secara menarik melalui segi visual, bahasa, dan informasi pesannya. Dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui komunikasi visual pada konten Instagram @Edufarmers dalam membangun kesadaran Generasi Z di sektor pertanian. Penelitian ini berfokus pada komunikasi visual yang digunakan oleh patform Edufarmers dalam mengemas konten untuk pasar generasi Z. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini di analisis menggunakan teori komunikasi visual dan berdasarkan konsep AIDA. Dari penelitian ini ditemukan keberhasilan komunikasi visual pada konten Instagram Edufarmers dalam membentuk kesadaran Generasi Z ditentukan oleh tiga aspek utama yaitu visual, bahasa, dan informasi pesan. Ketiga elemen ini saling mendukung sehingga mampu mendorong keterlibatan nyata Generasi Z dalam sektor pertanian. Kata Kunci: Komunikasi Visual, Konten Instagram, Generasi Z, Kesadaran, Pertanian.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Visual, Konten Instagram, Generasi Z, Kesadaran, Pertanian. |
Subjects: | Marketing > Branding (Marketing) Customer Behavior Marketing Agriculture > S Agriculture (General) Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Septerananda Ratna Syahirra |
Date Deposited: | 12 Sep 2025 04:21 |
Last Modified: | 12 Sep 2025 04:21 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/12416 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |