STRATEGI PERBAIKAN STRUKTUR DISTRIBUSI UNTUK MENINGKATKAN PROFITABILITAS PIPA BAJA NON-MIGAS PADA SUATU PERUSAHAAN PIPA BAJA DI INDONESIA

Soer, Arif Adi Wicaksono (2019) STRATEGI PERBAIKAN STRUKTUR DISTRIBUSI UNTUK MENINGKATKAN PROFITABILITAS PIPA BAJA NON-MIGAS PADA SUATU PERUSAHAAN PIPA BAJA DI INDONESIA. Tesis (S2) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of pdf]
Preview
Text (pdf)
00 cover.pdf - Submitted Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
01 BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (24MB)
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
03 BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of pdf]
Preview
Text (pdf)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (317kB) | Preview
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
05 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB)

Abstract

STRATEGI PERBAIKAN STRUKTUR DISTRIBUSI UNTUK MENINGKATKAN PROFITABILITAS PIPA BAJA NON-MIGAS PADA SUATU PERUSAHAAN PIPA BAJA DI INDONESIA Arif Adi Wicaksono Soer ABSTRAK Divisi non migas pada perusahaan tersebut diharapkan menjadi salah satu sumber pendapatan (revenue) yang relatif lebih stabil, dibandingkan dengan divisi migas. Masalah yang dihadapi perusahaan tersebut berupa jalur distribusi yang kurang optimal sehingga kurang mendongkrak penjualan pipa non migas, ada tiga (3) strategi yang akan di teliti menggunakan metodologi Metode AHP (Analytical Hierarchy Procces). Menggunakan metode AHP karena dapat menganalisa lebih detil untuk strategi yang akan aplikasikan oleh perusahaan tersebut Melalui hasil penelitian terdahulu dari teori distribusi serta dampaknya penulis akan mencoba menganalisa salah satu teori untuk meningkatkan Profitabilitas pipa non migas, Strategi yang pertama adalah Strategic Cooperative Agreements, merupakan jaringan bisnis kontraktual berdasarkan control strategis Bersama multi organisasi, Bersama para mitra bekerja sama mengenai keputusan strategis utama dan berbagi tanggung jawab untuk hasil kinerja, strategi yang kedua adalah Equity Investments, merupakan kepemilikan mayoritas atau minoritas yang dimiliki oleh suatu perusahaan melalui pembelian saham secara langsung diperusahaan lain, strategi yang ketiga adalah Hierarchical Relations, merupakan akuisisi atau merger dimana satu perusahaan memegang kendali penuh atas perusahaan lain asset dan koordinat tindakan oleh mekanisme hak kepemilikan. Dari analisis AHP yang penulis lakukan, kriteria yang paling berpengaruh dalam perbaikan struktur distribusi perusahaan tersebut adalah kriteria sinambung dengan nilai persentase 46%, kriteria selanjutnya adalah kendali dengan nilai persentase 29%, kriteria yang ketiga adalah resiko dengan nilai persentase 13%, kriteria yang keempat adalah potensi dengan nilai persentase 8%, dan kriteria yang terakhir adalah efisien dengan nilai persentase 3%. Berdasarkan kriteria dan subkriteria yang telah dianalisa prioritas untuk perbaikan struktur distribusi Equity Investment dinilai sebagai calon sistem distribusi teroptimal dengan nilai persentase sebesar 44%, prioritas selanjutnya adalah Hierarchy Relation dengan nilai persentase sebesar 39%, dan Strategic Equity Investment dengan nilai persentase sebesar 17%. Keyword : Strategi, Distribusi, AHP (Analytical Hierarchy Procces), Strategic Cooperative Agreements, Hierarchy Relation, Equity Investment.

Item Type: Thesis (Tesis (S2) - )
Uncontrolled Keywords: AHP, Analytical Hierarchy Process, Strategic Alliances & Model Collaboration, Variants Distribution Channel for Given Company, The Role of Intermediaries in Evolving Distribution Contexts, The Setting and Autolink, The Moller System, The Honda System, The Bertel O-System, Autolink and the Distribution System, Distribution Strategy in Changing Market Environment, Strategic Cooperative Agreements, Hierarchy Relation, Equity Investment.
Subjects: Philosophy. Psychology. Religion > Logic
Business
Management > Business Plan > Business
Marketing > Commercial Products
Management > Company Sustainability
Management > Corporate Strategy
Management > Corporate Sustainability Strategy
Costs, Industrial
Business > Entrepreneur
Management > Business Plan > Business > Entrepreneur
Management Research > Entrepreneurial Marketing
Business > Entrepreneurship
Management > Business Plan > Business > Entrepreneurship
Global Market
Social Sciences > Industries. Land use. Labor > Management. Industrial Management
Social Sciences > Industries. Land use. Labor > Risk Management
Management Research > Market Orientation
Management > Organizational Behavior
Thesis > Thesis (S2)
Knowledge Management > knowledge management frameworks
Knowledge Management > Knowledge Management Models
Knowledge Management > Organizational Needs
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Magister Management
Depositing User: Arif Adi Wicaksono Soer
Date Deposited: 19 Feb 2019 04:45
Last Modified: 19 Feb 2019 04:45
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/2141

Actions (login required)

View Item View Item