PENGARUH PERSONAL BRANDING SOSIAL MEDIA INSTAGRAM @mardiguwp TERHADAP MINAT INVESTASI DIGITAL DINARAN

Rizky, Ananda Putra (2024) PENGARUH PERSONAL BRANDING SOSIAL MEDIA INSTAGRAM @mardiguwp TERHADAP MINAT INVESTASI DIGITAL DINARAN. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of COVER]
Preview
Text (COVER)
00.Cover.pdf - Submitted Version

Download (270kB) | Preview
[thumbnail of BAB I - III] Text (BAB I - III)
01.BAB I - III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (497kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (23kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (78kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
05. BAB Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (313kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak personal branding melalui media sosial Instagram @mardiguwp, terhadap minat investasi digital Dinaran. Pada penelitian ini menggunakan variabel bebas yaitu Personal Branding sosial media Instagram (@mardiguwp) (X1) dan variabel terikat yaitu minat investasi digital (Y). Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan menyebarkan kepada 123 responden dengan menggunakan kuesioner dan teknik simple random sampling. Teori AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) dan teori New Media digunakan sebagai teori untuk memahami proses komunikasi dan pengaruh media baru terhadap minat investasi digital. Hasilnya menunjukkan pengaruh yang cukup kuat antara personal branding Mardigu Wowiek dan minat investasi digital Dinaran. Kuesioner mengidentifikasi dimensi personal branding meliputi spesialisasi, kepemimpinan, kepribadian, perbedaan, visibility, kesatuan, keteguhan, dan nama baik. Dimensi minat investasi digital terdiri dari ketertarikan, keinginan, dan keyakinan diri. Analisis menggunakan SPSS 26 menunjukkan korelasi sebesar 0,422, menandakan hubungan yang cukup kuat. Personal branding memberikan kontribusi sebesar 17,8% terhadap minat investasi digital, sementara faktor lain termasuk pengetahuan investasi, pendapatan, dan keadaan ekonomi juga mempengaruhi. Temuan ini mendukung bahwa personal branding Mardigu Wowiek berperan positif dalam meningkatkan minat investasi digital di Dinaran, dengan implikasi strategis untuk pemasaran dan pengembangan platform investasi di masa mendatang.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Personal Branding, Minat Investasi, Dinaran, Instagram, Ketertarikan, Keinginan, dan Keyakinan diri.
Subjects: Communication Science
Communication Science > Marketing Communications
Communication Science > Social Media
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rizky Ananda Putra
Date Deposited: 26 Feb 2024 10:08
Last Modified: 26 Feb 2024 10:08
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/9101

Actions (login required)

View Item View Item