Indrayani, Ratna (2024) Model Korupsi Komunikasi Pada Perusahaan Air Minum Dalam Kemasan. Tesis (S2) - thesis, Universitas Bakrie.
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Accepted Version Download (232kB) |
|
Text (Bab I - III)
01. Bab I - III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (369kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
02. Bab IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
03. Bab V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (81kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
04. Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (220kB) |
|
Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (214kB) | Request a copy |
Abstract
Industri makanan dan minuman sangat rentan terhadap isu dan informasi negatif. Hal ini tidak hanya merugikan perusahaan tetapi juga konsumen, pemerintah, dan mitra yang terlibat dalam industri ini. Penelitian ini mengkaji kasus disinformasi dan misinformasi pada industri makanan dan minuman dari perspektif teori korupsi komunikasi, baik dari pesan, media, konteks, dan perilaku. Kajian ini mengeksplorasi kasus XYZ versus ABC, dengan mewawancarai beberapa informan kritis dari pelaku industri dan konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada dimensi Pesan, korupsi komunikasi berupa informasi yang menyesatkan tentang kandungan isi makanan dan minuman yang tidak sesuai dengan aturan atau bahkan berbahaya untuk kesehatan. Pada dimensi Media, korupsi komunikasi dalam bentuk nilai berita yang menyajikan isu yang langsung viral, manakala isu tersebut sensasional dan negatif yang dilakukan oleh para koruptor komunikasi, melalui media arus utama dan menyebarkannya melalui media sosial dengan cara memprovokasi warganet. Korupsi komunikasi pada konteks didasari oleh persaingan bisnis, dimana pelaku korupsi memanipulasi informasi dengan memanfaatkan rendahnya literasi masyarakat mengenai kandungan kimia pangan dan proses produksi sehingga rumor cepat dikonsumsi masyarakat. Pada dimensi Perilaku, korupsi komunikasi berupa perilaku bisnis yang tidak etis dari pelaku industri makanan dan minuman yang terutama dimotivasi oleh persaingan bisnis dan upaya kampanye hitam. Segala bentuk kesalahan dan disinformasi dalam berbagai aspek korupsi komunikasi dapat merusak tidak hanya reputasi merek produk tetapi juga perusahaan dan, pada akhirnya, industri makanan dan minuman. Penelitian ini mengusulkan pentingnya literasi di kalangan konsumen makanan dan minuman serta pelaku media untuk menyaring dan menyebarkan informasi dengan benar dan tepat, terutama di era digital yang sangat demokratis dan hampir tanpa batas saat ini.
Item Type: | Thesis (Tesis (S2) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Korupsi komunikasi; persaingan bisnis; etika bisnis; isu viral; reputasi perusahaan |
Subjects: | Business > Business Ethics Management > Business Plan > Business > Business Ethics Communication Science > Corporate Communication Communication Science > Mass Media Communication Communication Science > Social Media Thesis > Thesis (S2) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Magister Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Ratna Indrayani |
Date Deposited: | 16 Jul 2024 05:57 |
Last Modified: | 23 Jul 2024 10:32 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/9640 |
Actions (login required)
View Item |