Romauli, Rachel Jordan (2024) Fenomena FoMO Gen Z Jakarta Selatan pada Nike Air Force 1 Low ditinjau dari Teori Kognitif Disonansi. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.
Text (COVER)
00. Cover.pdf - Accepted Version Download (501kB) |
|
Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (644kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (566kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (32kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (147kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
05. LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (602kB) | Request a copy |
Abstract
Kecemasan atau merasa tertinggal terhadap suatu info yang biasa disebut FoMO, menjadi istilah tren belakangan ini. Hal tersebut juga nampak pada fenomena pembelian sepatu Nike Air Force 1 Low yang semakin diminati oleh generasi Z. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan konsep FoMO dari Przybylski dan teori kognitif disonansi dari Griffin, yang memperkuat kognitifnya pada sepatu Nike Air Force 1 Low. Penelitian ini mempelajari bagaimana hubungan antara FoMO dan teori disonansi kognitif dalam konteks perilaku konsumsi Nike Air Force 1 Low. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek need to belong lebih dirasakan oleh para informan terkait ingin diakui di lingkungannya ketika menggunakan sepatu tersebut sehingga mereka dapat mengubah preferensi atau perilaku konsumsi mereka. Selain itu, dua informan menyatakan dari aspek emotional, mereka memilih membeli sepatu sebagai wujud untuk mengurangi sesuatu yang tidak sesuai dengan keyakinan mereka. Sedangkan satu informan menyatakan dari aspek kebijakan pembelian, bahwa informan memikirkan kembali setelah pembelian sepatu Nike Air Force 1 Low. Temuan ini memberikan wawasan mendalam mengenai bagaimana FoMO dan disonansi kognitif dapat mengubah perilaku konsumsi indivisu dalam konteks barang yang sangat trendi, seperti Nike Air Force 1 Low ini.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tren, Fenomena, Nike Air Force 1 Low, FoMO, Disonansi Kognitif, Fenomenologi |
Subjects: | Marketing > Branding (Marketing) Communication Science Customer Behavior Communication Science > Marketing Communications Communication Science > Social Media Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Rachel Jordan Romauli |
Date Deposited: | 06 Sep 2024 08:50 |
Last Modified: | 06 Sep 2024 08:50 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/10599 |
Actions (login required)
View Item |