KONSTRUKSI REALITAS MEDIA TERHADAP GEOPARK MELALUI ANALISIS SKAD PADA PROGRAM HYPPE GEOPARK AMBASSADOR

Pratiwi, Andyka (2024) KONSTRUKSI REALITAS MEDIA TERHADAP GEOPARK MELALUI ANALISIS SKAD PADA PROGRAM HYPPE GEOPARK AMBASSADOR. Tesis (S2) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
COVER+HALAMAN AWAL TESIS ANDYKA PRATIWI.pdf - Accepted Version

Download (394kB)
[thumbnail of Bab I-III] Text (Bab I-III)
BAB I-III TESIS ANDYKA PRATIWI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (738kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV TESIS ANDYKA PRATIWI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V TESIS ANDYKA PRATIWI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA TESIS ANDYKA PRATIWI.pdf - Accepted Version

Download (262kB)
[thumbnail of Daftar Lampiran] Text (Daftar Lampiran)
LAMPIRAN TESIS ANDYKA PRATIWI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (466kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian mengkaji bagaimana konstruksi realitas geopark dibentuk melalui media sosial melalui Hyppe Geopark Ambassador yang diinisiasi oleh Jaringan Geopark Indonesia (JGI) dan platform media sosial Hyppe pada tahun 2024. Masalahnya, keterbatasan pemahaman masyarakat tentang geopark seringkali disebabkan penggunaan terminologi teknis yang sulit dipahami. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis wacana Sociology of Knowledge Approach to Discourse (SKAD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial memainkan peran penting dalam membentuk pengetahuan publik tentang geopark melalui narasi yang disampaikan oleh Geopark Ambassadors. Geopark digambarkan di media sosial Instagram, TikTok, dan Hyppe melalui konten yang dibuat oleh geopark ambassador sebagai bagian dari pengembangan geopark yang terdiri dari tiga pilar yaitu edukasi, konservasi, dan pembangunan ekonomi berkelanjutan. Hyppe Geopark Ambassador diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan tentang geopark di kalangan masyarakat luas melalui partisipasi aktif generasi muda, geopark ambassador diharapkan akan menjadi ujung tombak literasi geopark ke masyarakat melalui media sosial.

Item Type: Thesis (Tesis (S2) - )
Uncontrolled Keywords: Konstruksi Realitas, Media Sosial, Geopark, Wacana, SKAD
Subjects: Communication Science > Mass Media Communication
Communication Science > Social Media
Thesis > Thesis (S2)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Andyka Pratiwi
Date Deposited: 20 Aug 2024 05:47
Last Modified: 20 Aug 2024 05:47
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/9831

Actions (login required)

View Item View Item