Limantara, Gabriel Bias Christiadi (2024) KOMODIFIKASI KONTEN TENTANG PEMAIN NATURALISASI PSSI DALAM PEMBERITAAN MEDIA DARING BOLA.COM. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Accepted Version Download (652kB) |
|
Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (724kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (198kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (261kB) |
|
Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (950kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini mengkaji komodifikasi konten tentang pemain naturalisasi PSSI dalam pemberitaan media daring Bola.com yang didasari adanya fenomena peningkatan jumlah pengguna internet di Indonesia yang telah mendorong media online untuk menghasilkan konten yang sensasional guna menarik pengunjung dan iklan. Dalam konteks ini, pemberitaan tentang pemain naturalisasi menjadi salah satu topik utama yang dijadikan komoditas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan Directed Qualitative Content Analysis (QCA). Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah artikel yang terbit di Bola.com dan media daring lain, serta publikasi di akun instagram @bolacomid. Sumber data yang digunakan berasal dari hasil observasi tekstual, penelusuran dokumen, dan juga dokumentasi yang terkait. Penelitian ini menemukan dua mekanisme utama dalam komodifikasi tersebut: reproduksi pandangan kolonial dan mistifikasi Euro. Reproduksi pandangan kolonial terlihat dari cara media menonjolkan identitas dan prestasi pemain naturalisasi sebagai tokoh penting dalam sejarah sepak bola nasional. Sementara itu, mistifikasi Euro menggambarkan pemain naturalisasi yang berkarir di liga-liga Eropa sebagai pahlawan dan ikon sepak bola, yang memperkuat dominasi persepsi sepak bola Eropa di mata publik. Penelitian ini menunjukkan bahwa komodifikasi ini tidak hanya berdampak ekonomi, tetapi juga mempengaruhi dinamika sosial dan kultural dalam persepsi publik terhadap sepak bola nasional.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | komodifikasi konten, pemain naturalisasi, kolonialisme, mistifikasi Euro, media daring |
Subjects: | Communication Science > Cultural Studies Communication Science > Digital Communication Communication Science > Journalism Communication Science > Mass Media Communication Communication Science > Political Communication Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Gabriel Bias Christiadi Limantara |
Date Deposited: | 24 Aug 2024 05:01 |
Last Modified: | 24 Aug 2024 05:01 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/9888 |
Actions (login required)
View Item |