STRATEGI MEMBANGUN KEUNGGULAN KOMPETITIF STASIUN TELEVISI TVONE MELALUI SUMBER DAYA PENGETAHUAN DALAM MENGHADAPI MIGRASI TV DIGITAL (STUDI KASUS TVONE)

ANDRIYANTO, BAYU (2022) STRATEGI MEMBANGUN KEUNGGULAN KOMPETITIF STASIUN TELEVISI TVONE MELALUI SUMBER DAYA PENGETAHUAN DALAM MENGHADAPI MIGRASI TV DIGITAL (STUDI KASUS TVONE). Tesis (S2) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of COVER]
Preview
Text (COVER)
00 COVER.pdf - Submitted Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01 BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (634kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03 BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (135kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
05 LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy

Abstract

Penerapan kebijakan Analog Switch Off atau ASO dalam industri penyiaran televisi Indonesia memberikan dampak yang signifikan pada persaingan antar stasiun televisi. Perubahan penggunaan teknologi yang memicu potensi peningkatan jumlah stasiun televisi perlu direspon oleh stasiun televisi untuk menciptakan keunggulan kompetitif. Pendekatan sumber daya yang dimiliki oleh sebuah stasiun televisi bisa menjadi salah satu strategi yang dibangun untuk menciptakan keunggulan kompetitif dalam industry penyiaran televisi Indonesia. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan pendekatan metode wawancara dengan studi kasus pada PT Lativi Media Karya atau tvOne. Subjek dalam penelitian ini adalah karyawan dengan level Wakil Pemimpin Redaksi, General Manager hingga Eksekutif Produser yang berkaitan langsung dalam proses produksi tayangan televisi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa sumber daya pengetahuan berupa kreativitas memegang peranan besar untuk menciptakan keunggulan kompetitif dan landasan untuk bersaing dengan kompetitor. Sumber daya pengetahuan berupa kreativitas diyakini dapat menghasilkan tayangan program yang menarik secara audio visual yang akan menghasilkan rating/share yang optimal dengan dukungan sumber daya lainnya. Untuk mengelola sumber daya pengetahuan berupa kreativitas, management stasiun televisi harus mempertimbangkan kanal atau wadah secara formal ataupun informal untuk mengelola, mengaplikasikan dan mengevaluasi kreativitas sebagai dasar produksi program televisi yang disertai pembekalan kemampuan secara konsisten bagi setiap individu untuk mendorong terciptanya kreativitas.

Item Type: Thesis (Tesis (S2) - )
Uncontrolled Keywords: Keunggulan Kompetitif, Sumber Daya Pengetahuan, Kreativitas, Analog Switch Off, Migrasi Digital Televisi
Subjects: Management > Corporate Sustainability Strategy
Communication Science > Mass Media
Thesis > Thesis (S2)
Knowledge Management > Organizational Needs
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Magister Management
Depositing User: Bayu Andriyanto
Date Deposited: 05 Oct 2022 04:15
Last Modified: 05 Oct 2022 04:15
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/6852

Actions (login required)

View Item View Item