Penggunaan Akun Twitter @khhfess Sebagai Media Komunikasi di Kalangan Penggemar Musik Korean Hip-Hop

Lizara, Rifqa (2023) Penggunaan Akun Twitter @khhfess Sebagai Media Komunikasi di Kalangan Penggemar Musik Korean Hip-Hop. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of Cover]
Preview
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Submitted Version

Download (575kB) | Preview
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (550kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (348kB)

Abstract

Media sosial merupakan media yang dibuat untuk mempermudah komunikasi bagi manusia. Twitter merupakan salah satu media sosial yang saat ini digunakan banyak orang, bukan hanya berkomunikasi tetapi juga untuk menuliskan opini, hingga berita. Penggemar sebagai komunitas berkumpul secara online melalui media sosial Twitter. Penggemar tersebut tergabung dalam sebuah komunitas atas hadirnya sebuah merek. Indonesia berada pada peringkat 1 negara yang paling banyak membicarakan K-Pop di Twitter, selain membicarakan mengenai K-Pop, pengguna Twitter juga membicarakan mengenai genre musik lainnya seperti Korean Hip-Hop. Base pada media sosial Twitter, merupakan akun yang mewadahi orang-orang yang memiliki minat yang sama untuk berbagi informasi dan berkomunikasi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana media sosial Twitter menjadi media komunikasi bagi penggemar musik Korean Hip-Hop. Metode penelitian yang digunakan yaitu studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik analisis data yang dilakukan pada penelitian ini yaitu dengan melakukan wawancara kepada enam orang informan dan satu triangulator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui User-Generated Content tersebut menghasilkan komunitas penggemar musik Korean Hip-Hop yang aktif pada akun @khhfess. Dengan begitu peran penggemar pada akun @khhfess sangat berpengaruh pada bertumbuhnya komunitas Korean Hip-Hop di Twitter. Hal tersebut membuktikan bahwa media sosial Twitter dapat menjadi media komunikasi yang tepat bagi suatu komunitas untuk berdiskusi dan berbagi informasi.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Brand Community, User-Generated Content, Media Sosial, Twitter, Korean Hip-Hop
Subjects: Communication Science > Digital Communication
Communication Science > Marketing Communications
Communication Science > Social Media
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rifqa Lizara
Date Deposited: 30 Aug 2023 02:35
Last Modified: 30 Aug 2023 02:35
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/8347

Actions (login required)

View Item View Item