Analisis Komunikasi Pemasaran Dengan Pemanfaatan Makro Influencer di Instagram @shinzui.official

Margaretha, Pretty (2024) Analisis Komunikasi Pemasaran Dengan Pemanfaatan Makro Influencer di Instagram @shinzui.official. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of COVER]
Preview
Text (COVER)
00.Cover.pdf - Submitted Version

Download (438kB) | Preview
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01.BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (909kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02.BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (927kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03.BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04.BAB Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
05.Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (392kB)

Abstract

Media sosial Instagram menjadi salah satu social media marketing jika diterapkan dalam perusahaan bertujuan untuk membangun eksistensi merek atau produk perusahaan tersebut. Salah satunya dengan menggunakan influencer untuk melakukan pemasaran agar menarik banyak audience di media sosial. Salah satu merek bidang usaha kecantikan di Indonesia yang sukses dalam menggunakan makro influencer yaitu Shinzui. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui komunikasi pemasaran yang dilakukan @shinzui.official dengan menggunakan media sosial Instagram dan memanfaatkan kolaborasi dengan makro influencer. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan melakukan wawancara kepada 5 orang narasumber diantaranya tim social media spesialist, junior brand manager, dua pengikut Instagram @shinzui.official, dan ahli praktisi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa komunikasi pemasaran Shinzui dengan memanfaatkan pengukuran makro influencer berdasarkan pendapat dari Neves (2020) yaitu Makro Influencer’s Credibility dan Influencer’s trust untuk membangun hubungan konsumen dengan pemenuhan kebutuhan informasi konsumen melalui pengukuran Solis & Kutcher (2011) diantaranya context, communication, collaboration dan connection merupakan strategi yang cukup efektif karena daya tarik makro influencer dapat mempengaruhi engangement sehingga dapat mempengaruhi konsumen untuk menggunakan produk yang dipromosikan. Makro influencer ini dianggap efektif oleh Shinzui karena mempunyai kualitas profesionelisme yang baik dalam pembuatan konten sehingga dapat menjangkau audiens lebih luas dan menghasilkan tingkat kesadaran konsumen terhadap produk.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Makro Influencer, Komunikasi Pemasaran, Social Media, Instagram
Subjects: Customer Behavior
Communication Science > Digital Communication
Communication Science > Marketing Communications
Communication Science > Social Media
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pretty Margaretha
Date Deposited: 01 Mar 2024 09:21
Last Modified: 01 Mar 2024 09:21
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/9259

Actions (login required)

View Item View Item