Brand Activation dan Komunikasi Berasa

Wijaya, Bambang Sukma (2016) Brand Activation dan Komunikasi Berasa. MIX Marketing & Communication, 10. pp. 42-43. ISSN 2337-1863

[thumbnail of Brand Activation.pdf]
Preview
Text
Brand Activation.pdf

Download (123kB) | Preview

Abstract

Buatlah pesan merek menjadi sangat bermakna (meaningful). Bagaimana caranya? Pesan itu harus selalu diaktivasi di benak dan hati konsumen. Aktivasi di sini berarti ‘menghidupkan’, menyentuh titik sensitif pemaknaan dan pengalaman konsumen, sehingga menimbulkan kesan yang mendalam terhadap makna pesan. Artinya, makna pesan itu harus benar-benar berasa. Komunikasi berasa (experientially-meaningful communication) adalah komunikasi yang menyinergikan pesan dan pengalaman terhadap pesan melalui penciptaan suasana yang mendukung sehingga menimbulkan makna dan kesan yang mendalam. Komunikasi berasa yang lahir dari kajian ambient communication ini cenderung mengaktifkan keberasaan indrawi, emosional, rasional, relevansional, benefisial dan sosial. Dalam konteks brand activation, makna pesan merek harus dapat dialami secara indrawi, menyentuh emosi, masuk akal, relevan dengan kebutuhan dan problem khalayak konsumen, memberi manfaat nyata dan menimbulkan sense of ‘social’, dalam arti mampu menggelitik konsumen untuk membagi pengalamannya terkait pesan merek, bahkan mengajak konsumen lain untuk ikut bersama-sama merasakannya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Brand Activation, Komunikasi Berasa, Marketing Communication, Branding, Experientially-meaningful Communication, Experiential-based Communication
Subjects: Business > Advertising
Management > Business Plan > Business > Advertising
Marketing > Advertising
Management > Business Process Management
Marketing > Branding (Marketing)
Business
Management > Business Plan > Business
Marketing > Customer Relations Management (CRM)
Communication Science
Communication Science > Corporate Communication
Communication Science > Cultural Studies
Customer Behavior
Customer Satisfaction
Communication Science > Digital Communication
Management Research > Entrepreneurial Marketing
Business > Entrepreneurship
Management > Business Plan > Business > Entrepreneurship
Social Sciences
Communication Science > Marketing Communications
Communication Science > Political Communication
Communication Science > Public Relations
Communication Science > Semiotics and Consumer Culture
Communication Science > Social Media
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Bambang Sukma Wijaya
Date Deposited: 06 Jan 2023 12:06
Last Modified: 06 Jan 2023 12:06
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/7003

Actions (login required)

View Item View Item