Wijaya, Bambang Sukma (2016) Brand Activation dan Komunikasi Berasa. MIX Marketing & Communication, 10. pp. 42-43. ISSN 2337-1863
Preview |
Text
Brand Activation.pdf Download (123kB) | Preview |
Abstract
Buatlah pesan merek menjadi sangat bermakna (meaningful). Bagaimana caranya? Pesan itu harus selalu diaktivasi di benak dan hati konsumen. Aktivasi di sini berarti ‘menghidupkan’, menyentuh titik sensitif pemaknaan dan pengalaman konsumen, sehingga menimbulkan kesan yang mendalam terhadap makna pesan. Artinya, makna pesan itu harus benar-benar berasa. Komunikasi berasa (experientially-meaningful communication) adalah komunikasi yang menyinergikan pesan dan pengalaman terhadap pesan melalui penciptaan suasana yang mendukung sehingga menimbulkan makna dan kesan yang mendalam. Komunikasi berasa yang lahir dari kajian ambient communication ini cenderung mengaktifkan keberasaan indrawi, emosional, rasional, relevansional, benefisial dan sosial. Dalam konteks brand activation, makna pesan merek harus dapat dialami secara indrawi, menyentuh emosi, masuk akal, relevan dengan kebutuhan dan problem khalayak konsumen, memberi manfaat nyata dan menimbulkan sense of ‘social’, dalam arti mampu menggelitik konsumen untuk membagi pengalamannya terkait pesan merek, bahkan mengajak konsumen lain untuk ikut bersama-sama merasakannya.
Actions (login required)
View Item |